Senin, 29 Maret 2010

Sabtu, 27 Maret 2010

contoh rpp sd

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit

A. Kompetensi Dasar
Membuat kartu pos.

B. Hasil Belajar
Menulis kartu pos dengan benar.

C. Indikator
Mengisi kartu pos sesuai dengan permintaan.

D. Tujuan Perbaikan
1. Siswa dapat memperhatikan bentuk kartu pos.
2. Siswa dapat menulis kartu pos dengan jelas

E. Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal (5 menit)
a. Melakukan apersepsi yang berhubungan dengan kartu pos
1. Siapa yang pernah ke kantor pos.
2. Apa-apa saja yang dapat kita beli di kantor pos.
b. Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan inti (30 menit)
Masing-masing siswa memiliki kartu pos.
a. Guru menjelaskan cara penulisan kartu pos yaitu :
1. Bahasa di kartu pos ditulis dengan bahasa yang singkat.
2. Bahasa di kartu pos ditulis yang mudah dipahami.
b. Guru memberikan kalimat mudah dipahami yaitu :
Teman mu yang telah lama berpisah memberi kabar bahwa ia menjadi juara lomba mengarang cerita di sekolahnya.
1. Siswa diminta menulis di kartu pos masing-masing
2. Siswa yang disuruh menuliskan di papan tulis hasil penulisan di kartu pos.
3. Guru dan siswa bersama-sama menulis kartu pos yang benar sesuai dengan kalimat yang disajikan.

3. Kegiatan akhir (5 menit)
a. Siswa bersama guru membacakan hasil penulisan yang benar.
b. Guru memberi PR.

F. Sarana dan Sumber Belajar
1. Kartu pos
2. Buku Bahasa Indonesia Kelas V

G. Metoda
Ceramah, diskusi, tanya jawab, pemberian tugas.

H. Evaluasi
1. Awal :
2. Proses : Mengamati siswa dalam menulis kartu pos.
3. Akhir : Tulislah sebuah kartu pos dengan singkat dan mudah dipahami dari salah satu hal di bawah ini.

1. Teman lama mu di luar kota terpilih sebagai siswa teladan tingkat nasional.
2. Teman mu yang pindah ke kota lain mengabarkan bahwa pemandangan di kotanya amat indah.






RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Sains
Kelas/Semester : V/2
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit

A. Kompetensi Dasar
Menyelidiki pengaruh gaya terhadap bentuk dan gerak suatu benda.

B. Hasil Belajar
Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dan kegunaannya.

C. Indikator
Menunjukan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan.

D. Tujuan Perbaikan
1. Siswa dapat melakukan percobaan gaya magnet menembus benda.
2. Siswa dapat menyebutkan benda yang dapat ditembus magnet.

E. Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal (5 menit)
a. Melakukan apresepsi dengan memberi pertanyaan.
1. Sebutkan benda yang dapat ditarik magnet.
2. Sebutkan benda yang tidak dapat ditarik magnet
b. Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan inti (30 menit)
a. Siswa melakukan percobaan gaya magnet dapat menembus benda.
1) Letakan paku kecil di atas papan.
2) Pegang papan oleh salah seorang teman mu.
3) Letakan magnet di bawah papan.
4) Gerak-gerakan magnet di bawah papan.
5) Perhatikan apakah paku kecil di atas papan bergerak.
6) Apa kesimpulan
b. Siswa melakukan hal yang sama pada kertas, kaca dan plastic
c. Setelah percoaan selesai siswa mengisi tabel berikut dengan memberi tanda silang (X)

No Nama Bahan Dapat ditembus gaya magnet Tidak dapat ditembus
1. Kayu
2. Kaca
3. Kertas
4. Aluminium
5. Besi
3. Kegiatan akhir (5 menit)
Siswa bersama guru menyimpulkan benda-benda yang dapat ditembus magnet.

F. Sarana dan Sumber Belajar
1. Magnet
2. Paku kecil
3. Papan kayu
4. Kaca
5. Kertas
6. Lempeng aluminium
7. Besi
8. Buku Sains Kelas V

G. Metoda
Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, experiment.

H. Evaluasi
1. Awal :
2. Proses : Mengamati siswa dalam melakukan kegiatan/percobaan gaya magnet dapat menembus benda.
3. Akhir :
1. Sebutkan benda-benda yang dapat ditembus magnet.
2. Sebutkan benda-benda yang tidak dapat ditembus magnet.




RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit


A. Kompetensi Dasar
Menerapkan EYD dalam menulis.

B. Hasil Belajar
Memberi tanda titik dua dalam kalimat.

C. Indikator
Menggunakan tanda titik dua dalam kalimat.

D. Tujuan Perbaikan
1. Siswa dapat menentukan tanda titik dua.
2. Siswa dapat menjelaskan pemakaian tanda titik dua

E. Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal (5 menit)
a. Melakukan apersepsi.
b. Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan inti (30 menit)
Disajikan sebuah kalimat lengkap yang diikuti rangkaian atau pemerian.
a. Guru dan siswa menentukan penggunaan titik dua.
Contoh : - Ibu membeli prabot rumah tangga meja, kursi, dan lemari.
- Ibu membeli prabot rumah tangga : meja, kursi, dan lemari

b. Siswa berdiskusi yang dibimbing guru.
Menentukan tanda titik dua dalam teks percakapan dan drama.
Contoh : Ibu : (menenteng dua tas plastic) Mor,
Mora : (menghampiri ibu) Baik, Bu.

c. Siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.

3. Kegiatan akhir (5 menit)
a. Siswa bersama guru membuat rangkuman.
b. Guru memberikan PR.



F. Sarana dan Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Indonesia Kelas V
2.

G. Metoda
Ceramah, tanya jawab, diskusi, tugas.


H. Evaluasi
1. Awal :
2. Proses : Mengamati kegiatan siswa
3. Akhir : Berilah tanda titik dua yang benar
1. Bermacam-macam makanan dijual di sana pempek, bakso, soto ayam, dan bubur ayam.
2. Amin Kemana saja selama liburan ini Ani?
Ani Berlibur ke tempat nenek
Amin Apakah pemandangan di sana indah
Ani Indah sekali!







RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN SIKLUS I

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V / 2
Alokasi waktu : 1 x 40 menit

A. Kompetensi Dasar
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

B. Hasil Belajar
Menghitung perpangkatan dan akar

C. Indikator
Siswa mampu melakukan penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadat

D. Tujuan Perbaikan
1. Guru mampu meningkatkan kegairahan siswa dalam belajar matematika melalui prinsip motivasi.
2. Untuk meningkatkan kegairahan siswa dalam belajar matematika minimal 30 orang siswa.

E. Langkah pembelajaran
1. Kegiatan awal ( 5 Menit )
- Apersepsi
- Tanya jawab dan memberi motivasi kepada anak menyangkut bilangan.
Contoh. : 5 2 = 5 x 5
6 2 = 6 x 6
7 2 = 7 x 7




2. Kegiatan Inti (30 menit)
1. Menunjukan kepada siswa contoh-contoh bagai mana cara penarikan akar.

Contoh : 625
2 x 2 = 4
225
45 x 5 = 225



1156
3 x 3 = 9
256
64 x 4 = 256



2. Mengukur kemampuan siswa dengan memberikan latihan

3. Kegiatan akhir (5 menit)
Tanya jawab tentang penarikan akar dan akar pangkat dua. Dan banyak memberi contoh-contoh penarikan akar.

F. Sarana dan Sumber Belajar
1. Kurikulum
2. Buku Matematika Kelas V

G. Metoda
Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas.
H. Evaluasi
1. Awal :
2. Proses : Mengamati siswa dan menentukan hasil dari penarikan akar.
3. Akhir :
a. di baca akar pangkat dua dari ….
b. di baca akar pangkat dua dari ….
c. = ….
d. = ….
e. = ….




Tembilahan, 30 Mei 2007

Kepala Sekolah Peneliti


RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : PKN/PS
Kelas/Semester : V/2
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit

A. Kompetensi Dasar
Kemampuan memahami perubahan wilayah di Indonesia

B. Hasil Belajar
Mendeskripsikan perubahan wilayah propinsi di Indonesia

C. Indikator
Menentukan letak dan nama propinsi-propinsi pada peta Indonesia

D. Tujuan Perbaikan
1. Siswa dapat menunjukkan letak propinsi di Indonesia pada peta
2. Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang letak propinsi di peta Indonesia.

E. Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal (5 menit)
a. Melakukan apersepsi yang berhubungan dengan letak dan nama propinsi
1. Ibukota Negara terletak di Propinsi ?


b. Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan inti (30 menit)
Dengan menayangkan peta Indonesia di depan kelas
a. Guru meminta siswa yang menunjukan pada peta salah satu nama propinsi
b. Guru meminta siswa menunjukan pada peta salah satu ibukota propinsi
c. Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok
1. Guru menemutunjukan salah satu propinsi pada peta kepada siswa
2. Guru membagi tugas kelompoknya :
Kelompok I : Menemutunjukan pada peta propinsi yang ada di Pulau Sumatera dan menuliskan di buku kelompok
Kelompok II : Menemutunjukan pada peta propinsi yang ada di Pulau Jawa dan menuliskan di buku kelompok
Kelompok III : Menemutunjukan pada peta propinsi yang ada di Pulau Kalimantan dan menuliskan di buku kelompok
Kelompok IV : Menemutunjukan pada peta propinsi yang ada di Pulau Sulawesi dan menuliskan di buku kelompok
Kelompok V : Menemutunjukan pada peta propinsi yang ada di Pulau Irian/Papua dan menuliskan di buku kelompok
Kelompok VI : Menemutunjukan pada peta propinsi yang ada di Pulau lainnya dan menuliskan di buku kelompok
3. Salah satu siswa di kelompoknya membacakan nama propinsi dari hasil menemutunjukan pada peta.

3. Kegiatan akhir (5 menit)
a. Siswa bersama guru membuat rangkuman
b. Guru memberikan PR

F. Sarana dan Sumber Belajar
1. Peta propinsi
2. Rol panjang
3. Buku PKN/PS kelas V

G. Metoda
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, kerja kelompok.

H. Evaluasi
1. Awal :
2. Proses : Mengamati keaktifan siswa dan membangkitkan motivasi dalam menemutunjukan letak dan nama propinsi pada peta.
3. Akhir : 1. Tunjukan pada peta letak Propinsi Jawa Timur
2. Tunjukan pada peta letak Propinsi Nusatenggara Barat
3. Tunjukan pada peta letak Propinsi Sulawesi Selatan
4. Tunjukan pada peta letak Propinsi Riau
5. Tunjukan pada peta letak Propinsi Sumatera Utara

Tembilahan, 2 Juni 2007